safarila.blogspot.com

WELCOME TO MY BLOG

SAFARILA.BLOGSPOT.COM
` Education
` Entertainment
- Tourism
` Culinary
` Knowledge of other General

Total Tayangan Halaman

Label


Lihat Kartu Ucapan Lainnya (KapanLagi.com)

Lihat Kartu Ucapan Lainnya (KapanLagi.com)

Lee Min Ho, dkk

Lee Min Ho, dkk
Boys Before Flowers

Rabu, 18 Mei 2011

TUNA RUNGU

PENGERTIAN TUNARUNGU
Tunarungu adalah seseorang yang mengalami kekurangan atau kehilangan kemampuan mendengar baiksebagian atau seluruhnya yang diakibatkan karena tidak berfungsinya sebagian atau seluruh alat pendengaran, sehingga ia tidak dapat menggunakan alat pendengarannya dalam kehidupan sehari-hari yang membawa dampak terhadap kehidupannya secara kompleks.
SUMBER : http://kahilla16.blogspot.com/2009/06/sekilas-pengertian-tunarungu.html

KARAKTERISTIK TUNARUNGU
a. Karakteristik anak tunarungu dalam aspek akademik
Keterbatasan dalam kemampuan berbicara dan berbahasa mengakibatkan anak tunarungu cenderung memiliki prestasi yang rendah dalam mata pelajaran yang bersifat verbal dan cenderung sama dalam mata pelajaran yang bersifat non verbal dengan anak normal seusianya.
b. Karakteristik anak tunarungu dalam aspek sosial-emosional adalah sebagai berikut:
• Pergaulan terbatas dengan sesama tunarungu, sebagai akibat dari keterbatasan dalam kemampuan berkomunikasi.
• Sifat ego-sentris yang melebihi anak normal, yang ditunjukkan dengan sukarnya mereka menempatkan diri pada situasi berpikir dan perasaan orang lain, sukarnya menye-suaikan diri, serta tindakannya lebih terpusat pada "aku/ego", sehingga kalau ada keinginan, harus selalu dipenuhi.
• Perasaan takut (khawatir) terhadap lingkungan sekitar, yang menyebabkan ia tergantung pada orang lain serta kurang percaya diri.
• Perhatian anak tunarungu sukar dialihkan, apabila ia sudah menyenangi suatu benda atau pekerjaan tertentu.
• Memiliki sifat polos, serta perasaannya umumnya dalam keadaan ekstrim tanpa banyak nuansa.
• Cepat marah dan mudah tersinggung, sebagai akibat seringnya mengalami kekecewaan karena sulitnya menyampaikan perasaan/keinginannya secara lisan ataupun dalam memahami pembicaraan orang lain.
c. Karakteristik tunarungu dari segi fisik/kesehatan adalah sebagai berikut : Jalannya kaku dan agak membungkuk (jika organ keseimbangan yang ada pada telinga bagian dalam terganggu); gerak matanya lebih cepat; gerakan tangannya cepat/lincah; dan pernafasannya pendek; sedangkan dalam aspek kesehatan, pada umumnya sama dengan orang yang normal lainnya.
SUMBER : http://ilmukesehatandankeperawatan.blogspot.com/2010/11/klasifikasi-dan-karakteristik-tunarungu.html

MASALAH YANG DIHADAPINYA
Masalah yang dialami anak dengan gangguan pendengaran berat adalah :
• memproses informasi.
Anak akan mengalami interupsi dalam proses kognitifnya, karena perhatian terhadap stimulus, penerimaan stimulus, pemprosesan informasi yang masuk dan pengekspresiannya akan terganggu, karena ketuliannya.
• daya ingat.
Anak sulit mengingat urutan yang diberikan baik secara verbal atau visual, karena daya ingat ini tergantung pada kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak.


• Berpikir logis dan abstrak.
Anak akan menunjukkan keterlambatan yang signifikan pada usia akhir Taman Kanak-Kanak, karena pengalam mereka hanya terbatas pada kemampuan sensomotorik dan proses visual spatial, tanpa pengalamn verbal. Keterbatasan bahasa akan mempengaruhi kemampuan berpikir logis, abstrak, proses berpikir tingkat tinggi dan kemampuan memecahkan masalah.
• Prestasi akademis
Biasanya prestasi mereka lebih rendah.
• Pemenuhan kebutuhan akan rasa aman, diterima dan dicintai, harga diri dan aktualisasi diri juga terpengaruh.
Mereka biasanya merasa rendah diri, lemah dan tidak berdaya. Perasaan terisolasi sangat terasa. Karena itu mereka biasanya mengalami masalah sosial dan emosi.
• kematangan
Mereka merasa frustasi, kesepian, tidak berdaya dan sangat sedih. ini semua mempengaruhi tingkat kematangannya sebagai individu.

Mengatasi hambatan diatas, digunakan media teknologi dan secara konsisten membuka wawasan anak runarungu melalui “exposure” ke dunia luar. Guru juga banyak menjelaskan secara konkrit melalui komunikasi manual, gerakan dan “acting”. Membaca buku, menonton acara televisi dengan “subtitle” sangat membantu daya asosiasi dan pemahaman atr.
Memberikan pengayaan yang merangsang proses kognitifnya dengan merefleksi, menganalisa dan mengkomunikasikan kembali pengalaman atau proses yang baru dilaluinya. Mendayagunakan fungsi belahan otak kanan dengan merancang materi pengajaran melalui permainan, peragaan, menggambar, menyanyi, drama, bercerita dan berimajinasi, sedemikian rupa agar kedua belahan otak kiri dan kanan berfungsi optimal.
SUMBER : http://rozarumaisho.wordpress.com/2010/06/13/tunarungu-hambatan-dan-solusinya/

BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)
Prinsip dalam memberikan teknik layanan bimbingan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus yang beragam seperti:
• Verbal atau linguistik ( berbicara atau berbahasa ). Dengan teknik ini sebahagian anak akan menerima bimbingan melalui kata-kata, memori, mengingat kembali secara lisan atau tulisan.
• Logika atau matematika, dengan teknik ini sebagian anak memanfaatkan kemampuan berpikir dan belajar melalui pemikiran dan penghitungan. Mereka dengan mudah bisa mengenali pola abstrak, dan melakukan pengukuran yang tepat.
• Visual atau spasial (penglihatan atau orientasi bagian), dengan teknik ini sebagian anak dapat menerima pola bimbingan melalui seni seperti menggambar, lukisan atau patung. Mereka bisa membaca peta, grafik, dan diagram degan mudah.
• Tubuh atau kinestetik (gerakan otot/tulang), dengan teknik ini sebagian anak dapat menerima bimbingan melalui gerakan tubuh, permainan, dan drama.
• Musik atau irama, pada alur ini anak lebih mudah menerima bimbingan melalui bunyi atau irama
• Antar pribadi, pada teknik ini anak lebih mudah dibimbing secara bersamaan atau kelompok. Mereka menyenangi kerja kelompok, mudah memahami situasi sosial dan mereka bisa menjalin hubungan dengan orang lain dengan mudah.
• Belajar sendiri, pada tipe ini anak lebih senang belajar sendiri. Mereka lebih terkonsentrasi dan mudah memahami layanan bimbingan dalam keadaan sepi

Jika seorang guru mampu memberikan bimbingan kepada semua anak dengan memperhatikan tipe belajar mereka, maka guru tersebut akan melihat hasil pembelajaran yang lebih bermutu.

Puisi Untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus
Adalah Faisal dan Ibunya
untuk : Anak-anak Autis dan berkebutuhan khusus

Tersebutlah sebuah kisah,
tentang
Putra,
Bunda,
Sekolah,
dan
Cinta,

Bila ada ibu yang pernah menangis galau
akan kondisi putranya
pada mulanya
itu adalah Faisal dan Ibunya

Bila ada yang hilir mudik kesana kemari
mencari sejumput informasi
untuk masa depan si buah hati
maka, itu adalah Faisal dan Ibunya

Bila ada sesungging senyum ceria
karena telah menemukan sebuah sekolah
yang lapang menerima kondisi istimewa anaknya
maka bisa dipastikan, ia adalah Faisal dan ibunya

Maka,
bila ada ibu dan putranya yang bangun pagi-pagi
berangkat dari rumah dengan riang hati
di jalan bernyanyi-nyanyi,
mereka adalah Faisal dan Ibunya

dan,
bilamana ada seorang ibu yang turut masuk kelas
memastikan putranya fokus pada tugas-tugas
kadang ikut menerangkan pelajaran agar menjadi jelas
semata-mata tanpa balas
alias ikhlas
maka, itulah Faisal dan ibunya

bilamana juga ada orang tua yang membawa sarapan
ngulek sambel di sekolah untuk teman lauk dan lalapan
dimakan bersama putra dan guru-guru di saung kenangan
berbagi pedas
keringat
dan canda tawa
maka mereka adalah Faisal dan ibunya

siapa sangka jika kemudian
meski dalam banyak hal ketinggalan
si putra rupanya jago hafalan
mulai dari annas hingga al-insan
dan masih terus bertambah semoga hingga 30 juz khatam
senyum senang riang hati sang ibu bukan kepalang

legenda kasih ibu kepada putranya
bukanlah mitos belaka
berkilo-kilo meter jarak Mranggen-Semarang
dilalui olehnya bagai sejengkalan
setiap pagi
setiap hari
bergelut dengan debu
bahkan hingga tersungkur jatuh
diserempet truk yang tak tahu malu

Adalah Faisal dan ibunya
yang mewariskan spirit besar itu,
bahwa perjuangan tidak boleh berhenti
belum apa-apa

cerita bahagianya
bingkisan jajanan pasarnya
juga keluh kesahnya
dan sembab air matanya
adalah hadiah yang membasuh jiwa

maka jikalau boleh anakmu ini menuliskan pesan,
ingatlah selalu
dengan seseorang yang duduk di depan komputer bagi batu
dan ia ingin menulis seperti ini :
"bahwa mereka yang berjiwa besar akan selalu menciptakan
kebesaran dimanapun ia berada,
dan Kebesarannya itu tidak akan pernah mengecil hanya karena harus berada di tempat kecil.
Gusti Allah mboten sare...
Ia Maha Melihat setiap tetes air mata, keringat dan darah
Ia maha Mendengar setiap bait doa dari tengadah telapak tangan
mereka adalah tiket perjumpaan kelak dengan-Nya di surga.

Maka, bila ada ibu dan putranya,
yang menapaki masa depan dengan kepala tegak
dan semangat yang tetap menyala-nyala
maka, bisa dipastikan,
ia adalah Faisal dan ibunya.
Semarang, 20 Juni 2009
http://www.doniriadi.com/2009/06/puisi-untuk-anak-anak-berkebutuhan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar