safarila.blogspot.com

WELCOME TO MY BLOG

SAFARILA.BLOGSPOT.COM
` Education
` Entertainment
- Tourism
` Culinary
` Knowledge of other General

Total Tayangan Halaman

Label


Lihat Kartu Ucapan Lainnya (KapanLagi.com)

Lihat Kartu Ucapan Lainnya (KapanLagi.com)

Lee Min Ho, dkk

Lee Min Ho, dkk
Boys Before Flowers

Rabu, 16 Februari 2011

PERTUMBUHAN EKONOMI VS PEMBANGUNAN EKONOMI

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Pembangunan ekonomi pada dasarnya dicerminkan oleh terjadinya perubahan dalam aliran-aliran baru yang menyangkut arus pendapatan dan manfaat (benefit) kepada masyarakat lokal, regional bahkan sampai tingkat nasional. Program pembangunan dapat mendatangkan dampak berupa manfaat-manfaat yang positif atau juga berupa kemudharatan (kebanyakan) negatif kepada masyarakat, terutama kepada mereka yang tinggal di dekat sekitar kegiatan ekonomi sebagai penerima akibat (dampak) dari program pembangunan yang bersangkutan. Komunitas lokal harus mencari/mendapat peluang agar terjadi penyesuaian terhadap perubahan karena keadaan baru tersebut (Anwar 1995).
Pembangunan dapat dikonseptualisasikan ke dalam suatu proses perbaikan yang berkesinambungan atas suatu masyarakat atau suatu sistem sosial secara keseluruhan menuju kehidupan yang lebih baik atau manusiawi (Rustiadi et al 2003). Rencana pembangunan atau pengembangan yang biasanya dihasilkan oleh tenaga ahli atau konsultan pada umumnya berasal dari budaya atau latar belakang sosial yang berbeda dalam mengatasi permasalahan penting yang mereka temukan. Seyogyanya rencana pembangunan dimulai dengan mengenali potensi dan kebutuhan masyarakat penerima manfaat dan penanggung risiko. Dengan demikian kegiatan pembangunan yang mencakup perencanaan, pembiayaan, pelaksanaan dan pemantauan serta evaluasi, akan bertitik tolak dari keinginan dan kemampuan masyarakat penerima manfaat dan penanggung risiko itu sendiri.

BAB II
PEMBAHASAN

A.Pertumbuhan Ekonomi VS Pembangunan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi merupakan dua istilah berbeda, sekalipun ada beberapa ahli mengatakan sama. Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator dari keberhasilan pembangunan ekonomi. Jadi akan ada pertumbuhan ekonomi jika ada pembangunan ekonomi di mana pembangunan ekonomi itu mengakibatkan perubahan-perubahan pada sektor ekonomi.
Pendirian industri-industri baru dan meningkatnya kegiatan ekspor dan impor akan membawa perubahan dalam sektor industri dan sektor perdagangan. Sektor pertanian juga akan berubah melalui pembangunan dibidang sarana dan prasarana, seperti penambahan ruas jalan.
Perubahan-perubahan pada berbagai sektor ekonomi tersebut akan mengakibatkan terjadinya pertumbuhan ekonomi, yang ditandai dengan naiknya produksi nasional, pendapatan nasional, dan pendapatan per kapita. Situasi semacam itu akan berlangsung secara terus menerus.
Jadi pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai kenaikan pendapatan atau produksi nasional dalam suatu negara dari tahun ke tahun. Sejumlah pendapat juga mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan output per kapita dalam jangka panjang, sementara pembangunan ekonomi adalah proses meningkatkan PDB (Produk Domestik Bruto), sekaligus meningkatkan pendapatan per kapita penduduk suatu negara melalui pertumbuhan ekonomi.

Rumus untuk menghitung pertumbuhan ekonomi sebagai berikut :



di mana :
PDBt = Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun t
PDBt-1 = Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun t-1

B.Faktor-faktor Pertumbuhan Ekonomi
Tingkat perkembangan perekonomian suatu negara mungkin berbeda dengan negara lain. Perbedaan ini muncul oleh karena beberapa faktor sebagai berikut :

1.Sumber Daya Alam
Sumber daya alam tidak hanya terbatas pada tanah, tetapi juga termasuk kesuburan tanah, iklim, cuaca, hasil hutan, hasil tambang, dan lain-lain. Suatu negara dengan sumber daya alam yang melimpah akan mempunyai kesempatan yang besar untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat dibandingkan dengan negara lain yang miskin sumber daya alam.

2.Sumber Daya Modal dan Teknologi
Modal dan teknologi sangat penting artinya bagi pertumbuhan ekonomi dan berfungsi untuk memperlancar dan meningkatkan hasil produksi. Modal dan teknologi dapat meningkatkan hasil produksi, menunjukkan efisiensi dalam produksi, dan lain-lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa modal dan teknologi antara lain mampu mempertinggi tingkat efisiensi, membuka penemuan baru, dan meningkatkan kualitas produksi.

3.Jumlah Penduduk dan Kualitas Penduduk (Sumber Daya Manusia)
Keberhasilan pembangunan sangat ditentukan oleh sumber daya manusia yang dimiliki, karena manusia merupakan pelaksana pembangunan ekonomi. Semakin tinggi kualitas sumber daya manusia maka semakin tinggi pula tingkat produktifitas. Pemerintah selalu berusaha meningkatkan kualitas penduduk melalui pendidikan dan pelatihan seperti program wajib belajar sembilan tahun, kursus-kursus keterampilan dan pelatihan tenaga kerja. Penduduk yang terampil akan mampu meningkatkan pendapatan.

4.Sistem Sosial dan Sikap Masyarakat
Masyarakat modern akan lebih terbuka dan bersikap positif terhadap perubahan yang secara otomatis ditimbulkan oleh pembangunan ekonomi, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat segera terwujud. Masyarakat tradisional tidak senang dengan perubahan-perubahan dan bersikap masa bodoh sehingga akan menghambat pertumbuhan ekonomi.

5.Luas Pasar atau Pangsa Pasar
Barang dan jasa yang dihasilkan akan dijual kepada konsumen. Oleh karena itu, semakin luas daerah pemasaran dan pangsa pasar yang dimiliki, akan semakin besar pula peluang untuk mencapai pertumbuhan ekonomi. Begitu pula sebaliknya, jika tidak mampu mencari daerah pemasaran dan pangsa pasar yang luas maka dapat menghambat pertumbuhan ekonomi.

BAB III
PENUTUP

A.Kesimpulan
Rencana pembangunan dimulai dengan mengenali potensi dan kebutuhan masyarakat penerima manfaat dan penanggung risiko. Dengan demikian kegiatan pembangunan yang mencakup perencanaan, pembiayaan, pelaksanaan dan pemantauan serta evaluasi, akan bertitik tolak dari keinginan dan kemampuan masyarakat penerima manfaat dan penanggung risiko itu sendiri.
Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator dari keberhasilan pembangunan ekonomi. Jadi akan ada pertumbuhan ekonomi jika ada pembangunan ekonomi di mana pembangunan ekonomi itu mengakibatkan perubahan-perubahan pada sektor ekonomi.

DAFTAR PUSTAKA

Wahyu Adji, Suwerli, dkk. 2007. Ekonomi untuk SMA/MA Jilid 2. Penerbit Erlangga; Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar